Fitur fitur Android KitKat

Google baru saja meresmikan sistem operasi mobile teranyarnya: OS Android 4.4 atau dikenal dengan Android Kitkat,

Raksasa Internet itu menjelaskan, nama KitKat diadopsi untuk versi OS Android terbaru agar pengalaman Android bisa diterima luas ke semua pengguna, lebih populer ketimbang Key Lime Pie.

Presiden Google Android dan Chrome Sundar Pichai berharap, pengalaman Android versi anyar ini bisa memuaskan penggunanya. Seperti KitKat yang coklat manis, Pichai tak sabar melihar reaksi pengguna dengan sistem operasi yang "manis" itu.

Dari pernyataan itu, Google berharap KitKat memungkinkan diakses pada perangkat Android dengan RAM 512 MB maupun perangkat yang masih menjalankan Android versi 2.3, atau Gingerbread.

Nah, sampai saat ini Google belum merilis fitur manis apa saja yang akan nongol di sistem operasi baru itu. Baru sebatas nama. Tapi, ada beberapa fitur yang diharapkan muncul dalam Android versi 4.4 itu.

Berikut beberapa fitur yang diharapkan muncul di Android KitKat, dilansir trustedreviews, Kamis 5 September 2013:

Profil ganda

Google kemungkinan memperkenalkan fitur ini pada OS Android terbarunya.

Fitur multiple profile berfungsi untuk melindungi akses data pengguna di ponsel agar terkendali dalam konsumsi data. Terutama saat ponsel dipegang oleh anak kecil. Setidaknya, pengguna tidak khawatir profil Android menjadi tak terkendali.

Fitur ini juga membatasi aplikasi maupun halaman Web yang bisa diakses pengguna.

Perbaikan Android Device Manager

Fitur keamanan jenis ini sangat penting ketika perangkat pengguna sudah berpindah tangan.

Pada Agustus 2013 silam, Google mengungkapkan fitur keamanan seperti Find My iPhone, akan muncul pula untuk Android. Ya, Android Device Manager berfungsi mencari ponsel yang dicuri.

Diharapkan, pada versi Android KitKat, fitur ini bisa lebih ditingkatkan kemampuannya. Misalnya, pengguna dapat menghidupkan ringtone dan kemudian menghapus konten yang ada di ponsel saat perangkat ada di tangan pencuri.

Google Maps lebih canggih

Salah satu poin yang membuat ponsel Nokia Lumia punya nilai lebih dari ponsel Android adalah pengguna Lumia dapat mengunduh seluruh peta wilayah dunia pada aplikasi petanya.

Sementara Google Maps belum memungkinkan untuk itu. Guna mengunduh di Google Maps pun, pengguna harus terhubung Internet. Versi Android KitKat diharapkan bisa lebih fleksibel.

Aplikasi TV

Ponsel pintar kelas tinggi mulai bisa menerapkan fitur TV dengan pemancar inframerah.

Nah, Android KitKat diharapkan mengakomodir fitur pengendali TV. Ini akan strategis bagi Google yang tengah mempersiapkan layanan TV-nya (Google TV).

Pesan instan khusus

Kebutuhan pesan instan sudah menjadi tren bagi pengguna ponsel pintar untuk semua platfrom.

Jika pada ponsel Android memiliki pesan instan mandiri, hal ini sangat bagus. Pasalnya, pesan instan iMessage maupun WhatsApp dipandang kurang sempurna. Sedangkan Google Hangouts kurang mendapat tempat di hati pengguna.

Aplikasi Direct to SD

Fitur ini dibutuhkan mengingat banyak pengguna Android sering kekurangan memori saat menginstal aplikasi. Sedangkan banyak ponsel memungkinkan penggunanya mentransfer aplikasi ke kartu SD. Alhasil, rata-rata pengguna melakukan root.

Fitur ini diharapkan bisa terjawab pada Android KitKat

Photo Stream

Berbagi album foto memang mengasyikkan. Tapi sayang, fitur ini belum muncul pada sistem operasi Android.

Jika Google mampu menghadirkan fitur itu, Apple iOS harus waspada. Pasalnya, ponsel berkamera canggih mulai bermunculan menghantui Apple iPhone, seperti Sony Xperia Z1 dan Samsung Galaxy Mega. (eh)

Temukan saya di Google+